Rabu, 28 Mei 2014

Mengenal Bahasa Java

Bahasa pemrograman adalah suatu cara berkomunikasi dengan komputer. Melalui bahasa tadi komputer akan mengetahui apa yang kita inginkan dan melaksanakannya. Sampai saat ini, kita mengenal berbagai macam bahasa pemrograman seperti: C++, Delphi, Visual Basic dan lain-lain, tetapi Java karakter yang lebih unik dari bahasa-bahasa tadi. Java dapat berjalan pada berbagai macam sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, Solaris dan Mac bahkan berbagai peralatan seperti handphone, console, atau mesin absensi. Kita juga dapat menggunakan Java untuk bermain-main di segala tingkat pemrograman. Mulai dari skala kecil sampai enterprise. Mulai dari komputer desktop sampai web.


File hasil kompilasi dari Java juga berbeda dengan file-file bahasa program lainnya. Kebanyakan bahasa program lainnya menghasilkan file portable file. Sedangkan kompilasi Java menghasilkan file bertipe class. File-file ini nantinya yang dijalankan dengan Java Runtime Environment (JRE). Dengan demikian, JRE harus dipasang di tempat dimana file class tersebut dijalankan. Rumit? Tergantung darimana anda memandangnya. Yang jelas, agak susah membuat virus dari java atau program-program malicious lainnya, sebab begitu JRE di-uninstall, file anda tidak akan memiliki taring lagi.  Namun enaknya, kita hanya membuat sekali source code, setelah itu tinggal di-compile sesuai dengan lingkungan program kita, apakah di Linux, Mac, Solaris, atau Window.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan berbagai hal. Pertama-tama, anda hanya perlu memasang JRE di komputer jika hanya ingin menjalankan file class Java. Tetapi jika ingin mengkompilasi file source code anda menjad class, anda membutuhkan JDK (Java Development Kit).

Hanya diperlukan editor text berbasis ascii text saja untuk menulis kode program Java. Mulai dari notepad milik Windows, Editplus ataupun program-program buatan pihak ke-3. Pihak Java pun juga menyediakan IDE Netbean secara gratis jika anda tidak mau bersusah payah dengan notepad.

Jika anda sudah memutuskan untuk menjadi programmer Java. Ada beberapa macam hasil kompilasi yang dapat menjadi pertimbangan. Anda dapat mengkompilasi kode program Java menjadi: Class, Jar atau pun Exe.

Class adalah hasil awal yang anda dapatkan saat mengkompilasi program Java anda lewat perintah Javac.exe. Jika aplikasi anda memiliki beberapa file class, maka anda dapat mempertimbangkannya untuk mendistribusikan ke komputer lain lewat file Jar. File Jar adalah semacam file Zip, satu file yang didalamnya terdiri dari beberapa file Class.

Baik Jar maupun Class adalah sebuah file yang dapat didekompilasi oleh orang untuk mengembalikannya ke dalam file kode program berbentuk text. Untuk menghindari hal ini, anda dapat membuatnya menjad file Exe dengan program gratis semacam jsmooth. Namun perlu untuk diketahui, file Exe dari program ini tidak sama dengan file Exe kepunyaan Windows. File exe dari jsmooth tetap membutuhkan JRE. Bedanya, file-file class-nya tak bisa dilihat seperti pada file Jar.

Selamat ber-Java ria

Mengenal Bahasa Java Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.