Kamis, 12 Juni 2014

Memakai JTable untuk Menampung Query di Java

Dalam menampilkan data, terkadang kita menginginkan penampilan data pada tabel dua dimensi. Di Java class yang dapat dipergunakan adalah JTable dari paket javax.swing.JTable seperti gambar dibawah ini:




Berikut ini adalah langkah-langkah yang ditempuh: pembuatan form dari JFrame, melakukan koneksi database dengan Connection, mendapatkan data dengan ResulSet dan menampilkan pada JTable.

Untuk melihat pemakaian JTable, silakan membaca artikel saya Memakai JTable di Java, sedangkan untuk pembuatan form, anda dapat membacanya disini Membuat Form Java Swing. Saya akan melanjutkan pembahasan dengan memodifikasi program di artikel Memakai JTable di Java :

  1. Melakukan Koneksi Database
    Koneksi data dilakukan dengan class Connection di paket java.sql.Connection.



    Fungsi System.getProperty("user.dir") digunakan agar aplikasi mencari letak database di folder tempat class ShowAccess berada. Contoh: jika ShowAccess.class berada di c:\Programku, maka hasil dari fungsi System.getProperty("user.dir") adalah c:\Programku.

  2. Mendapatkan data dari database



    class ResultSet digunakan untuk melakukan query dan createStatement() diarahkan pada koneksi seperti yang dijalankan pada method koneksiData().


    stm = koneksi.createStatement(
                ResultSet.TYPE_SCROLL_INSENSITIVE,
                 ResultSet.CONCUR_READ_ONLY
               );



    parameter ResultSet.TYPE_SCROLL_INSENSITIVE dan  ResultSet.CONCUR_READ_ONLY digunakan karena program ini menggerakkan kursor dengan perintah pada ResultSet last() dan beforeFirst. Kedua perintah ini digunakan untuk mendapatkan jumlah record. Apabila anda tidak memerlukan menggerakkan kursor data, anda cukup menulis perintah terdahulu sebagai berikut:

    stm = koneksi.createStatement();


  3. Menampilkan pada JTable

Kode Program Selengkapnya: 

 

Memakai JTable untuk Menampung Query di Java Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.