Senin, 23 Juni 2014

Menggunakan Sistem Tanggal dari Joda Time di Java

Java mempunyai class sendiri untuk tanggal di java.util.Date atau Calendar. Namun saya sendiri kurang menyukainya. Beberapa kali saya mencoba tanggal tersebut dan mempunyai beberapa kendala. Pertama-tama saya mencari jarak tanggal pada bulan yang sama. Berikut ini adalah cuplikan program saya.
 

 Masalah barulah timbul ketika saya mencari jarak hari dari 5 Juni 2014 ke 1 Juli 2014. Seharusnya jumlahnya adalah 26 hari, tetapi Java menjawab 27. Rupanya Java menganggap setiap bulan 31 hari(?) 

Untunglah setelah mencari-cari di internet, saya mendapatkan libray tanggal Joda Time. Anda dapat download disini. Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana memakai Joda Time di dalam aplikasi.

Ekstraklah joda time dari file zip-nya. Cari joda-time-2.3.jar, kemudian letakkan pada sembarang tempat. Saya sendiri meletakkannya pada direktori jre punya jdk saya.

C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_03\jre\lib

Pada windows XP, buka kotak System Properties seperti dibawah ini:


Pilih tombol Environment Variabel sehingga timbul kotak berikut:


Klik tombol New pada System Variabels, sehingga muncul kotak sebagai berikut:


Isi variabel Name dengan CLASSPATH, dan Variable value dengan titik dan nama direktori tempat joda-time-2.3.jar. Saya sendiri meletakkannya di:

C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_03\jre\lib\joda-time-2.3.jar

Sehingga Kotak New System Variable menjadi:


Jangan lupa menyertakan titik sebab titik adalah default pencarian class Java. Jika anda lupa, maka Java akan gagal mencari class-class internal Java sendiri. Sesudah itu tekan tombol OK dan reboot komputer anda kembali.

Untuk menyakinkan diri apakah CLASSPATH sudah sesuai dengan keinginan kita, panggil jendela console dan ketikkan perintah berikut:

echo %CLASSPATH%, jika anda mendapatkan hasil mirip gambar dibawah ini, berarti CLASSPATH telah berhasil diubah.

Sekali lagi, untuk menyakinkan diri kala class joda-time berhasil dipasang di komputer kita, buat program kecil berikut ini:

import org.joda.time.DateTime;

class CobaTanggal {
  public static void main(String[] args) {
    DateTime hariIni = new DateTime();
    System.out.println(hariIni.toString("yyyy-MMM-dd"));
  }
}


Simpan dengan nama  CobaTanggal.java. Kompile dengan javac dan jalankan dengan java, maka harus keluar tampilan sebagai berikut:


Selamat. Mulai sekarang anda dapat memakai library joda-time.2.3.jar

Menggunakan Sistem Tanggal dari Joda Time di Java Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

2 komentar:

  1. Sangat membantu 😆😅 bisa gak buat projek jam masuk dan jam keluar di netbeans

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.