Selasa, 13 November 2018

Membuat Jar dari Class Java

Aplikasi Java sudah dapat berjalan dengan mengkompilasi file ekstensi java (file Ansi text ) menjadi class. Akan tetapi yang menjadi masalah, Anda harus menjalankan di jendela console dengan mengetikkan file:

java FormGrupBarang

Ada beberapa hal yang tak mengenakkan sehubungan dengan menjalankan class secara langsung seperti ini. Pertama, anda harus membuka jendela console. Kedua, jika aplikasi anda mempunyai banyak class, user akan bingung mengeksekusi class yang mana.

Java dapat membuat agar semua class dan semua file pendukung program Anda (termasuk gambar, icon, suara, dll) berada dalam satu file. File "persatuan" tersebut berekstensi jar.

Cara membuat jar.

  1. Kompile semua file java menjadi class.
    Jika Anda mempunyai banyak file java. Tempatkan mereka pada satu folder, sehingga Anda dapat mengompilasi dalam sekali jalan dengan:

    javac *.java

    tetapi jika hanya satu saja, maka kompile-lah dengan:

    javac namafile.java

  2. Buat file MANIFEST.MF
    Cara membuatnya adalah sebagai berikut. Tentukan class utama, yaitu class yang mengandung method main. Jadikan class ini sebagai jar. Dalam contoh berikut, saya mempunyai class utama bernama FormGrupBarang.class.

    Buat file text bernama  MANIFEST.MF, kemudian isi dengan tulisan:

    Main-Class: FormGrupBarang


  3. Setelah itu saya mengompile FormGrupBarang:

    jar cvfm FormGrupBarang.jar MANIFEST.MF *.class Gambar

    Seperti Anda lihat. Di kode kompilasi disana ada kata Gambar. Ya, saya mempunyai file gambar yang menjadi icon tombol sehingga saya membuat satu folder khusus untuk menampung file gambar saya. Jika Anda tidak punya, Anda bisa hilangkan kata gambar diatas.


  4. Jika tidak terjadi kesalahan, saya sekarang mempunyai FormGrupBarang.jar. File ini dapat langsung diklik dan berjalan di windows.


Untuk menjalankan file jar, Anda dapat meng-klik file tersebut langsung dari windows explorer atau menjalankan lewat console dengan perintah:

java -jar FormGrupBarang.jar

Membuat Jar dari Class Java Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.