Senin, 12 November 2018

Mendapatkan Tanggal Terakhir Bulan Tertentu

Ini fungsi yang penting bagi programmer database di bidang bisnis. Mulai dari perpustakaan, bagian penjualan, pembelian, akutansi, manajer keuangan dan lain-lainnya selalu berkepentingan dengan tanggal terakhir.

Asalkan kita mempunyai data tipe Date. Maka dari tanggal tersebut, kita dapat mencari tanggal terakhir pada tanggal itu. Sebagai contoh di bawah ini, saya akan mencari tanggal terakhir pada tanggal aktif saat ini.

Untuk mendapatkan tanggal saat ini, saya memakai fungsi Calendar.getInstance(); yang saya berikan pada variabel bertipe Calendar.

Calendar tanggalan;
tanggalan = Calendar.getInstance();

dari variabel tanggalan diatas, saya bisa mendapatkan tanggal terakhirnya dengan kode berikut:

Date tglTerakhir;
tglAkhir = tanggalan.getActualMaximum(Calendar.DATE); 

Progam dibawah ini juga menampilkan tanggal pada tanggal terakhir tersebut. Sehingga saya harus membentuk data tipe date dengan tanggal akhir sebagai tanggalnya.

tahun = tanggalan.get(Calendar.YEAR);
bulan = tanggalan.get(Calendar.MONTH);
tanggalan.set(tahun, bulan, tglAkhir);


Tanggal hasil keluaran aslinya kurang dapat dibaca karena tidak umum untuk orang Indonesia, sehingga saya memormatnya dengan:

ft = new SimpleDateFormat("dd-MMMM-yyyy");

Program Selengkapnya:




Mendapatkan Tanggal Terakhir Bulan Tertentu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.